JUMLAH PEPERANGAN YANG DILAKUKAN NABI MUHAMMAD SAW DAN PARA SAHABAT PENGGANTI POSISI NABI DALAM PEPERANGAN

Nabi saw memimpin kaum Muslim melaksanakan ibadah haji pada tahun ke sepuluh Hijriah. Sepulang dari Makkah Beliau jatuh sakit selama belasan hari. Dalam kondisi masih sakit, Beliau pun memberangkatkan pasukan Usamah bin Zaid menuju Syam. Namun Rasulullah saw lebih dulu wafat sebelum pasukan berangkat. Hingga akhirnya diberangkatkan oleh Abu Bakar ra, sepeninggal Nabi saw. Beliau wafat pada hari Senin, tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun ke sebelas Hijriah.

Dengan demikian, jumlah peperangan yang di pimpin atau diikuti oleh Nabi saw secara langsung (dalam istilah para ulama sejarah disebut dengan ghazw, dan selanjutnya di terjemahkan : perang) mencapai dua puluh tujuh kali. Dari jumlah tersebut, yang benar-benar terjadi pertempuran sebanyak sembilan kali; yaitu Badar, Uhud, al-Muraisi’, Khandaq, Quraizhah, Khaibar, Penaklukan Makkah, Hunainm dan Tha’if.

Adapaun jumlah peperangan dimana Beliau tidak terjun secara langsung (dalam istilah ulama disebut sarriyah, dan selanjutnya disebut: pasukan) mencapai empat puluh tujuh kali. Beliau juga melaksanakan umrah sebanyak tiga kali.

Sebagian sumber menyatakan: Sebenarnya Beliau terjun langsung dalam peperangan Bani Nadhir. Namun Allah menjadikannya sebagai naflu (Bani Nadhir menyerah). Beliau juuga berperang pada pertempuran di Wadil Qura, sepulang dari perang Khaibar. Sebagian sahabat gugur disana. Begitu halnya peperangan di al-Ghabah. Sahabat Beliau, Muhriz bin Nadhlah terbunuh disana. Dan dari pihak musuh, enam orang terbunnuh.

Mereka (para sumber) mengatakan: dalam berbagai pertempurannya, Nabi saw mengangkat beberapa sahabat untuk menggantikan posisi Beliau ddi Madinah. Pada perang Waddan, Beliau mengangkat Sa’ad bin Ubadah. Pada perang Buwath, Nabi mengangkat Sa’d bin Mu’adz. Saat mengejar Kurz bin Jabir al-Fihri, Beliau menunjuk Zaid bin Haritsah. Pada perang Dzul ‘Asyirah, Beliau mengangkat Abu Salamah bin Abdil Asad al-Mkhzumi. Pada perang Badar, Beliau mengangkat Abu Lubabah bin Abdil Mundzir al-‘Amri. Pada perang Suwaiq, Beliau menunjuk Abu Lubabah bin Abdil Mundzir juga. Pada perang al-Kudr, Beliau mengangkat Ibnu Umi Maktum al-Ma’ishi. Pada perang Dzu Amar, Beliau mengangkat Ustman bin Affan. Pada perang Buhran, Beliau mengangkat Ibnu Umi Maktum. Pada perang Uhud, Beliau kembali menunjuk Ibnu Umi Maktum. Juga pada perang Hamra’ul Asad dan Banni Nadhir. Pada perang Badar yang pertama , beliau mengangkat Abdullah bin Rawahah. Pada perang Dzatur Riqa’, Beliau mengangkat Ustman bin Affan. Pada perang Daumatul Jandal, Beliau mengangkat Siba’ bin ‘Urfuthah. Pada perang al-Muraisi’, Beliau mengangkat Zaid bin Haristah. Pada perang Khandaq, Beliau mengangkat Ibnu Umi Maktum. Pada perang Quraizhah, Bani Lihyan, Ghabah, dan Hudaibiyah, Beliau mengangkat Ibnu Umi Maktum. Pada perang Khaibar, Beliau mengangkat Siba’ bin ‘Urfuthah al-Ghifari. Pada Umrah Qadha’, Beliau mengangkat Abu Ruhm al-Ghifari. Pada perang al-Fath (Penaklukan Makkah), Hunain, dan Tha’if Beliau mengangkat Ibnu Umi Maktum. Begitu juga pada perang Tabukk. Namun salah satu sumber mengatakan: Beliau mengangkat Muhammad bin Masalamah al-Asyhali. Pada haji Wada’, Beliau mengangkat Ibnu Maktum lagi.

Sementara itu, slogan atau yel-yel yang dipakai kaum Muslim pada perang Badar, adalah “Ya Manshur Amit-Amit”. Sebagian sumber menyebutkan, Nabi saw menjadikan “Bani Abdurrahman” , sebagai slogan Kaum Muhajirin. Untuk Khazraj, “Bani Abdillah”, dan untuk Aus, “Bani Ubaydillah”. Pada peranng Uhud, slogan yang dipakai, “Amit-Amit”. Pada perang Bani Nadhir ,“Amit-Amit”. Begitu juga pada perang al-Muraisi. Sedangkan pada perang Khandaq slogannya adalah, “Hamim La Yunsharun”. Pada perang Khaibar, “Bani Abdirrahman”, menjadi slogan kaum Muhajirin, “Bani Abdillah”, menjadi slogan kaum Khazraj, dan “Bani Ubaydillah”, menjadi slogan kaum Aus. Sedangkan dalam perang Tha’if, Nabi saw tidak membuat slogan apapun.


Sumber Buku: Al-Maghazi Jilid I: Sejarah Lengkap Peperangan Rasulullah Saw. Al Azhar Freshzone Publishing. Cetakan 1, Sya’ban 1436 H/ Juni 2015 M.

0 Response to "JUMLAH PEPERANGAN YANG DILAKUKAN NABI MUHAMMAD SAW DAN PARA SAHABAT PENGGANTI POSISI NABI DALAM PEPERANGAN"

Post a Comment